Nilam Sari ~ Pengusaha Sukses Founder Kebab Turki Baba Rafi yang Tak Mudah Berpuas Diri

nilam-sari-baba-rafi

Kuliner kebab memang sudah tak asing lagi di Indonesia. Beberapa pelaku usaha lokal memang sengaja memilih kuliner asal timur tengah ini untuk mencoba peruntungannya. Hasilnya tak sia-sia usaha kuliner kebab ini ternyata mendapat respon yang baik dari konsumen Indonesia.

Salah satu pelaku usaha kebab yang telah sukses menjalankan bisnis ini adalah Nilam Sari. Dengan mengusung brand “Baba Rafi”, Nilam menyajikan kebab Turki yang menggugah selera. Lalu seperti apakah kisah wanita yang memulai bisnis ini dari usia 20-an dan menjalankan kebab Turki Baba Rafi ini? Berikut ulasannya.

Nama Baba Rafi

Nama Baba Rafi sendiri adalah nama anak pertama dari Nilam. Wanita yang menikah muda ketika kuliah ini memang seperti dituntut untuk bisa mandiri, apalagi setelah punya anak. Maka dari sini Nilam dan suami pun bertekad untuk bisa menghasilkan uang sendiri dan tidak memanfaatkan fasilitas yang diberikan orang tua. Akhirnya, mereka pun mencoba bisnis sendiri.

Awal Bisnis Nilam Sari

Bisnis awal yang dijalankan Nilam dan suami berskala kecil dengan gerobak yaitu berjualan burger, hot dog dan nugget. Modalnya usahanya sendiri didapat Nilam dari uang nikahan dari orang-orang yang memberi. Meski sebenarnya usaha awal Nilam ini cukup menguntungkan, namun bisnis berkonsep gerobak ini akhirnya harus gulung tikar karena tidak bisa bersaing dengan brand burger yang waktu itu jadi tren kuliner di Surabaya.

Bisnis kebab yang kemudian mengantarkan Nilam mencapai suskes yang sendiri didapat tanpa kesengajaan. Sebab inspirasinya didapat Nilam ketika ia melakukan perjalanan ke Qatar sekitar sebulan. Di sana, pasangan suami istri ini kembali mendapatkan inspirasi bisnis kebab setelah melihat beberapa penjual kebab di sekitar Qatar.

Meracik Kebab ala Baba Rafi

Setelah mendapatkan ide dan inspirasi dari perjalanan ke Qatar, Nilam langsung menerapkannya di Indonesia. Namun uniknya, Nilam tidak membuat kebab yang seperti dijumpai di Qatar, tapi ia meracik dan memodifikasi kebab tersebut serta menyesuaikan dengan lidah Indonesia. Dari kreativitasnya ini lahirlah Kebab ala Baba Rafi yang bercita rasa Indonesia.

Namun meski telah menyesuaikan dengan lidah Indonesia tak lantas produk Baba Rafi langsung bisa diterima masyarakat. Pasalnya masyarakat memang banyak yang belum familiar dengan makanan satu ini.

Meski demikian, Nilam tak patah arang, Ia dan suaminya lantas menjadikan kendala ini sebagai tantangan untuk mengedukasi marketnya. Hasil perjuangan edukasinya pun akhirnya membuahkan sesuatu, perlahan masyarakat mulai penasaran  dengan kebab Nilam, dan lama-lama akhirnya kebab Baba Rafi pun kian digandrungi oleh konsumen. Berawal dari satu gerobak dan modal Rp 4 juta, Hendi dan Nilam akhirnya mampu membeli ruko sendiri, hingga akhirnya gedung kantor seperti sekarang.

Menjadi Pioner Franchise Skala Industri Kecil

Setelah sukses menjalankan bisnis Kebab Baba Rafi secara terpusat, maka kemudian Nilam membuka franchise atau waralaba untuk publik. Tak dinyana, tawaran waralaba berkonsep gerobak yang di tawarkan Nilam kemudian mengantarkan dirinya menjadi pionir franchise industri kecil atau gerobakan.

Kini, Kebab Turki Baba Rafi sendiri telah mempunyai lebih dari 1000 outlet yang tersebar di seluruh Indonesia dengan 1.500-an pegawai. Tidak hanya di Indonesia, Baba Rafi saat ini pun juga telah hadir di beberapa negara tetangga seperti Malaysia dan Filipina. Tidak hanya itu, tim marketing Baba Rafi pun juga sedang merencanakan pengembangan dan perluasan usahanya ke Eropa, tepatnya di negeri kincir angin Belanda.

Tak Mudah Berpuas Diri

Meski telah mencapai kesuksesan, wanita berlatar pendidikan komunikasi ini tak mau berpuas diri dengan pencapaiannya kini. Ia mengaku terus ingin membuat pencapaian-pencapaian yang besar, seperti hal yang sedang dilakukannya saat ini yaitu membentuk Baba Rafi Academy. Pada agenda Baba Rafi Academy ini para pesertanya akan dibekali dengan ilmu berbisnis dan keterampilan lainnya tanpa dipungut biaya. Dari agendanya ini Nilam telah mampu menciptakan pengusaha-pengusaha baru yang sukses.

Selain mengajarkan orang lain dalam berbinis, Nilam mengaku dirinya juga masih belajar. Hal ini dibuktikannya dengan banyaknya konsultan dari mulai pajak, produksi, keuangan dan lainnya yang direkrut Nilam untuk mengajarkannya menjadi pebisnis yang lebih baik lagi.

 

source: http://www.maxmanroe.com

 

 

Advertisements

One thought on “Nilam Sari ~ Pengusaha Sukses Founder Kebab Turki Baba Rafi yang Tak Mudah Berpuas Diri

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s